IPCN Dukung Kemajuan UMKM Melalui Jasa Pengiriman

IPCN Dukung Kemajuan UMKM Melalui Jasa Pengiriman

IPCN

(jw/rzd)

Jumat, 29 November 2019 | 17:21

Analisadaily (Medan) - Ikatan Pengusaha Cargo Nusantara (IPCN) komitmen mendukung kemajuan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Komitmen ditunjukkan dengan memberikan ongkos jasa pengiriman barang lebih murah.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum IPCN, Beni Syarifuddin, dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rekornas) yang dilakukan oleh pengusaha kargo lokal dari berbagai kota di Indonesia di Kota Medan.

"Ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam jasa pengiriman. Kita mengumpulkan berbagai jaringan kita yang ada di seluruh pelosok negeri," katanya, Jumat (29/11).

Beni menjelaskan, selama ini pegiat UMKM banyak mengeluhkan mahalnya biaya pengiriman barang. Sehingga usaha mereka juga sulit berkembang.

"Kami menawarkan harga yang murah. Karena anggota IPCN sudah ada hampir di seluruh Indonesia. Misalnya dari Medan mau kirim barang ke Papua, jangan takut ongkos mahal. Ini bagian komitmen kami untuk ikut andil memajukan UMKM," jelasnya.

Menurut Beni, saat ini IPCN sedang membangun sebuah aplikasi yang nantinya akan diluncurkan untuk memudahkan pengusaha pengguna jasa kargo lokal.

"Nah, hal ini yang akan dibuat simpel melalui satu aplikasi yang terkoneksi dengan member IPCN," terangnya.

IPCN juga siap bersaing dengan perusahaan kargo yang sudah punya nama besar. IPCN sudah beranggotakan lebih dari 200 orang pengusaha kargo lokal.

"Prinsip kita adalah gotong royong untuk sama-sama memajukan usaha kargo lokal," ujar Beni.

Ketua Bidang Informatika IPCN Abdul, Aziz mengungkapkan, mereka sedang merumuskan digitalisasi sistem pengiriman barang dalam jaringan. Ini dilakukan menyusul perkembangan teknologi yang kian masif.

"Ini sudah masuk era industri 4.0. Kita memang sedang menyiapkan aplikasi supaya memudahkan dalam berjejaring," ungkapnya.

(jw/rzd)

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar