Kembangkan Algoritma untuk Deteksi Kanker Serviks

Penulis: Christison Sondang Pane

Kembangkan Algoritma untuk Deteksi Kanker Serviks

Ilustrasi dokter (Ubergizmo)

Selasa, 12 November 2019 | 10:44

Analisadaily – Aigoritma telah berada di jalan menuju pemanfaatkan dalam bidang industri perawatan kesehatan, karena kecepatan dan kemampuannya untuk menemukan hal-hal yang mungkin tidak dimiliki manusia.

Sejauh ini, Al telah digunakan untuk diagnosis yang dapat berpotensi menemukan masalah kesehatan jauh sebelum terjadi.

Dilansir dari Ubergizmo, Selasa (12/11), belakangan ini Al sudah digunakan untuk mendeteksi kanker payudara dan kanker paru-paru, dan sekarang Microsoft dan SRL Diagnostics telah mengembangkan alat AI agar mampu mendeteksi kanker serviks.

Meskipun ini dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit pada pasien yang mungkin terlewatkan oleh dokter manusia, ini juga digunakan di negara-negara berpenduduk padat, seperti India.

“Model AI sekarang dapat membedakan antara slide smear normal dan abnormal dengan akurasi dan saat ini sedang di bawah validasi di laboratorium. Ini juga dapat mengklasifikasikan slide smear berdasarkan tujuh subtipe skala sitopatologis serviks. Klasifikasi termasuk interpretasi yang berkisar antara tahap normal dan pra-kanker hingga kanker,” bunyi pernyataan Microsoft.

Dengan menggunakan alat AI ini, dapat membantu dokter melayani lebih banyak pasien, terutama karena telah ditunjukkan di India, sekitar 67.000 wanita meninggal setiap tahun akibat kanker serviks.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar