Xiaomi Tambahkan Sistem Pendeteksi Gempa ke Smartphone

Penulis: Christison Sondang Pane

Xiaomi Tambahkan Sistem Pendeteksi Gempa ke Smartphone

Ponsel dan TV Box (Engadgets)

Rabu, 20 November 2019 | 13:26

Analisadaily - Xiaomi dan pemilik set-top box TV Mi di China akan segera memiliki akses ke peringatan dini gempa yang berpotensi menyelamatkan jiwa langsung di perangkat mereka.

Pada konferensi tahunan Mi Developer di Bejing, perusahaan elektronik China mengatakan, smartphone berbasis MIUI 11 dan set-top box TV Mi sekarang termasuk fitur peringatan dini gempa.

Xiaomi mengklaim sistem ini mampu mengirimkan peringatan ‘detik hingga puluhan detik’ sebelum gempa bumi tiba.

Perusahaan ini telah meluncurkan fitur di provinsi Sichuan China pertama, yang merupakan salah satu daerah rawan gempa di negara itu, dan berencana untuk membuatnya tersedia untuk semua pengguna China di masa depan.

Menurut TechCrunch, Xiaomi mengatakan kepada peserta konferensi Developer Mi, fitur ini yang pertama dari jenisnya secara global. Namun, seperti kebanyakan teknologi baru, ada contoh sebelumnya.

Menyusul gempa bumi dan tsunami Tohoku yang mematikan pada 2011, Apple menambahkan peringatan gempa ke iPhone di Jepang.

Di Amerika Serikat, Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) menguji sistem Wireless Emergency Alert (WEA) tahun lalu, yang berfungsi pada perangkat iOS dan Android.

Dilansir dari Engadgets, Rabu (20/11), Xiaomi mencatat, peringatan darurat bisa berfungsi tanpa koneksi ke internet, dan mengatakan pihaknya bersedia untuk berbagi teknologi dengan perusahaan lain.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar